Tiada keindahan yg paling indah selain bisa berbagi, walau hanya lewat sebait kata & pesan

Jumat, 30 Mei 2014

PROTOCOL TCP/IP MODEL



LAYER APPLICATION
1.    DNS (Domain Name Server):
Fungsi : Menerjemahkan nama domain menjadi deretan angka IP. Contoh nya bila kita membuka dan merequest url domain tertentu, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti paket internet.com, google.com, yahoo.com, facebook.com.

2.    TSL (Transport Layer Security ) /SSL (Secure Socket Layer):
Fungsi:Kelanjutan dari protokol cryptographic yang menyediakan                komunikasi yang aman di Internet.

3.    TFTP (Trivial File Transfer Protocol):
Fungsi : Digunakan untuk beberapa aplikasi special yang membutuhkan file  transfer sederhana.

4.    FTP (File Transfer Protocol):                                                                       Fungsi : Memungkinkan pengguna untuk mentransfer file ke computer lain

5.    HTTP (Hypertext Transfer Protocol):
Fungsi : dasar dari pertukaran informasi melalui Web / World Wide Web (WWW).

6.    IMAP (Internet Mail Access Protocol):
Fungsi : Alternative dari POP sebagai interface antara user mail client software dengan e-mail server, digunakan untuk mengambil e-mail dengan lebih banyak flexibilitas dalam managemen mailbox.

7.    IRC (Internet Relay Chatting)
Fungsi : Untuk melakukan komunikasi dalam bentuk individual dan group untuk mendukung forum diskusi

8.    NTP (Network Time Protocol)
Fungsi : Protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. NTP menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport.
9.    SSH (Protocol Secure Shell):
Fungsi : Memungkinkan pengguna untuk login ke mesin lain di Internet, seperti halnya Telnet. Berbeda dengan Telnet, SSH akan mengenkrop password maupun data yang dikirim.

10.    TELNET (Telecommunication Network)
Fungsi : Sebuah protokol virtual terminal yang memungkinkan seorang pengguna untuk logon ke sebuah mesin TCP/IP untuk mengakses ke mesin lain di jaringan.

11.    BitTorrent

Fungsi : Perangkat lunak yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan data ke pengguna yang lainnya melalui Internet. Berfungsi untuk sinkronisasi file pekerjaan.



12.    RTP (Real Time Transport Protocol)
Fungsi : Menyediakan fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data real time, misalnya audio atau video, melalui layanan jaringan multicast atau unicast.

13.    Rlogin
Fungsi : Utilitas perangkat lunak untuk Unix seperti komputer sistem operasi yang memungkinkan pengguna untuk login di lain tuan rumah melalui jaringan,  berkomunikasi melalui TCPPort513.

LAYER TRANSPORT
1.    TCP (Transmission Control Protocol)
Fungsi :
·         Umumnya TCP / IP digunakan untuk pengiriman file dalam satu jaringan.
·         TCP / IP juga sering dimanfaatkan untuk keperluan “Remote login”
·         Computer mail.
·         Telnet, dll.



2.    UDP ( User Datagram Protokol)
Fungsi : Salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

3.    DCCP (Datagram Congestion Control Protocol)
Fungsi : pesan-berorientasi experimental Transport Layer protocol.


4.    SCTP
Fungsi : Protokol message-oriented yang handal. SCTP menyimpan batas-batas pesan dan pada saat yang sama mendeteksi kehilangan data, duplikasi data, dan out-oforder data.


5.    IL

6.    RUDP



LAYER NETWORK
1.    IP(Ipv4, Ipv6)
IP (Internet Protocol)
Protokol pada network layer yang memiliki sifat dan perananan sebagai Connectionless, yakni setiap paket data yang dikirimkan pada suatu saat akan melalui rute secara independen, berfungsi menyampaikan paket data ke alamat yang tepat .

2.    ICMP (Internet Control Message Protocol)
Fungsi : Digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.



3.    IGMP (Internet Group Management Protocol)
Fungsi : Protokol jaringan dalam kumpulan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang bekerja pada lapisan jaringan yang digunakan untuk menginformasikan router-router IP tentang keberadaan group-group jaringan multicast.

4.    ARP (Address Resolution Protokol)
Fungsi : Berisi protokol yang bertanggung jawab dalam pengalamatan dan routing paket.

5.    RAPP (Reverse Address Resolution Protocol)
Fungsi : Protokol yang didisain untuk memecahkan masalah mapping alamat dalam sebuah mesin/komputer di mana mesin/komputer mengetahui alamat fisiknya namun tidak mengetahui alamat logikanya berfungsi untuk merubah protokol pengalatan pada layer yang lebih rendah (Alamat MAC) menjadi alamat IP.


LAYER LINK
1.    Ethernet
Fungsi : Tipe hubungan antar LAN yang paling populer saat ini  yang dipatenkan oleh perusahaan Xerox. Rata-rata transfer standarnya adalah 10 Mbps atau 100 Mbps, tetapi standar-standar baru dilengkapi dengan Gigabit Ethernet, yang mampu mempercepat sampai 1 Gbps melalui kabel serat optik atau media lain yang berkecepatan tinggi.

2.    Wi-Fi (Wireless Fidelity)
Fungsi : Sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Berfungsi untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.

3.    Token ring
Fungsi : Arsitektur jaringan yang diandalkan pada integrasi sistem-sistem kerangka utama IBM misalnya AS/400, untuk menyambung ke jaringan-jaringan kerangka utama.

4.    PPP (Point-to-Point Protocol)
Fungsi : Protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN).

5.    SLIP (Serial Line Internet Protocol)
Fungsi : Protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon.


6.    FDDI (Fiber Distributed Data Interchange)
Fungsi : Melaju pada kabel serat-optik, dan berkecepatan tinggi.  FDDI melaju dengan kecepatan 100 Mbps, dan topologinya adalah sebuah ring ganda.  Ring sebelah luar disebut ring primer dan ring sebelah dalam disebut ring sekunder.

7.    ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Fungsi : Berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronis.

8.    DTM (Digital Terrain Model)
Fungsi : untuk merepresentasikan permukaan tanah secara digital (Kingston Centre for GIS, 2002).

9.    Frame Relay
Fungsi : Frame Relay  yang utama pada lapisan dan layer data-link yang merupakan lapisan kedua pada proses  Frame Relay yang menenmpatkan link untuk transfer data.


10.    SMDS (Switched Multi-megabit Data Services )
Fungsi : Koneksi untuk LAN, MAN dan WAN dengan tukar menukar data berdasarkan standar IEEE 802.6 DQDB. Untuk koneksi antara MAN dan LAN bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal radio, gelombang mikro dan infra

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates