Tiada keindahan yg paling indah selain bisa berbagi, walau hanya lewat sebait kata & pesan

Rabu, 17 Oktober 2012

9 Cara Belajar Yang Baik

1. HARUS Punya orientasi jangka pendek dan jangka panjang yang jelas. saya dulu orientasi jangka panjang adalah HARUS lulus kuliah 4 tahun yaitu tahun 2006 dengan IP cumlaude 3.5. orientasi jangka pendeknya adalah persemester saya HARUS mengambil minimal 20sks karena total sks selama 4 tahun adalah 151sks. SAYA KATAKAN HARUS KARENA SUKSES ADALAH SEBUAH KEHARUSAN, KALAU TIDAK ANDA AKAN MASUK DI KUADRAN GAGAL.
2. HARUS membuat orientasi tersebut secara tertulis, karena otak manusia cenderung lupa atau hilang karena kejadian2 masa kini. tulis di buku yang bagus dan ditulis yang bagus, sayang kan kalo dibuang karena nulisnya aja susah. BOLEH JUGA ANDA TEMPEL DI TEMPAT YANG MUDAH DI LIHAT. misalnya tempat belajar, pintu kamar mandi karena Anda mandinya lama atau di almari es.
3. HARUS menentukan urutan orientasi misalnya kuliah, organisasi, kerja, pacaran apakah semuanya masuk dalam orientasimu. mulai urutkan dan kerjakan mulai urutan pertama.
4. AFFIRMASI, Bayangkan nikmatnya dapet IP tinggi, lulus tepat waktu, dapat hadiah saat jadi lulusan terbaik, banyak penggemar yang minta tanda tangan, mak nyusss. bayangkan juga saat IP jatuh, kamu kecewa, temen mencibir, orang tua marah, pacar sewot, susah ngambil mata kuliah, belajar menjadi semakin berat, lulus jadi tambah lama. bayangkan kenikmatan dan kesedihan itu. PILIH MANA. Berdoa juga salah satu bentuk affirmasi yang berulang-ulang yang penting saat Anda berdoa harus jelas apa yang Anda minta misalnya minta lulus kuliah S1 4 tahun cumlaude dengan IP 3.5 jangan berdoa dengan kata-kata minta lulus S1 karena tidak jelas dan otak Anda mungkin akan merespon lulus ya 10 tahun ke depan kan tidak apa-apa yang penting kan lulus. BAHAYA!!!
5. TAKE ACTION, kerjakan sekarang juga. belajarlah dari pengalaman2 kemarin karena saya melihat orang2 sukses adalah orang yang mau bangkit sekali lagi saat mereka jatuh. BANGKIT SEKALI LAGI! belajar kapan? ya sekarang. kerjanakan tugas? ya sekarang. berangkat kuliah? ya sekarang. ato tahun depan? itu namanya mengulang. menunda = DEATH lebih parah daripada gagal kan
6. KOMITMEN, jadi begitu banyak orang yang ingin sukses, tetapi hanya sedikit yang sukses karena orang2 tersebut berkomitment. apapun kekurangan saya, saya akan capai. saat kita sudah berdoa + berusaha = hasil hanya masalah waktu. SABAR...
7. EVALUASI. kekurangan dan kelebihanmu apa? kekurangan harus diperbaiki kelebihan harus dipupuk. contoh... pola belajar saya adalah visual, jadi saat saya tulis dibuku, saya baca, saya bisa mengerti. ada juga auditori jadi cukup mendengar, diulang dan mengerti. atau practical jadi harus lewat praktek baru bisa mengerti. termasuk juga waktu2 yang nyaman untuk belajar juga dipilih.
8. MILIKI MENTOR, kalo mau sukses belajarlah dari orang sukses. saya mau S2 mentor saya adalah seorang S2. saya pengen pinter bisnis saya punya mentor top motivator dan berlangganan email. Saya pengen ke India saya punya mentor seorang MA lulusan India. Di India saya punya mentor2 para senior dan PhD candidate dari indonesia. CARI MENTOR BELAJAR YANG TEPAT
9. BERSYUKUR. apapun yang terjadi padamu saat ini adalah tanggung jawabmu dan apapun hasilnya terimalah. kalo mau lebih ya usahanya harus lebih. kalo mau lebih tapi usahamu biasa, doamu biasa, sholatmu asal2an maka kamu termasuk kuadaran ORANG GILA

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates