Tiada keindahan yg paling indah selain bisa berbagi, walau hanya lewat sebait kata & pesan

Kamis, 04 Oktober 2012

Keunggulan Media Pendidikan Audio-visual

Belajar dengan menggunakan indra ganda (penglihatan dan pendengaran) memberikan keuntungan bagi siswa daripada pembelajaran dengan hanya menggunakan indra penglihatan atau indra pendengaran saja. Para ahli memiliki pandangan yang searah mengenai hal tersebut. Menurut Baugh (1989 dalam Arsyad, 1997: 21) bahwa kurang lebih 90% hasil belajar seseorang diperoleh melalui indra penglihatan, sekitar 5% dai indra pendengaran dan 5% lagi dari indra lainnya. Sementara Dale (1969 dalam Arsyad, 1997: 21) memperkirakan bahwa perolehan hasil belajar melalui indra penglihatan berkisar 75%, melalui indra pendengaran sekitar 13% dan melalui indra lainnya sekitar 12%. Oleh Darvin (1999: 22) media audio-visual seperti video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep yang rumit. Lebih lanjut Sheal (1989 dalam Anonim, 2003) melaporkan tentang modus pengalaman 10% apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30 % dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakana dan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan.
Penelitain-penelitian yang berorientasi terhadap penggunaan komputer dalam pembelajaran telah banyak dilakukan oleh para ahli. Studi analisis yang dialkukan oeh Kulit dkk (1980 dalam Surjono, 1995) melaporkan bahwa penggunaan komputer dalam pembelajaran menyebabkan siswa:
 (1) belajar lebih banyak materi,
 (2) siswa mengingat lebih lama apa yang telah dipelajari,
 (3) siswa membutuhkan waktu lebih sedikit,
(4) siswa lebih betah di kelas,
(5) siswa memiliki sikap lebih posistif terhadap komputer.
 Agafur (1984 dalam Kusumah, 2002) bahwa penggunaan computer dalam pembelajaran menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari suatu konsep lebih singkat dan hasil belajar yang lebih tinggi.

Menurut Alessei (1985) penggunaan komputer dalam pembelajaran yang baik haruslah meliputi 4 (empat) aktivitas, yakni,
 (1) Informasi materi (materi pelajaran) dan keterampilan (Skill) diberikan model,
(2) siswa harus diarahkan,
(3) siswa diberi latihan-latihan, dan
(4) pencapaian belajar siswa harus dinilai.
Oleh Chanond (1988) melaporkan pentingnya pemberian umpan balik segera pada penggunaan computer sebagai media dalam pengajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates