Belajar dengan menggunakan indra ganda (penglihatan dan pendengaran)
memberikan keuntungan bagi siswa daripada pembelajaran dengan hanya
menggunakan indra penglihatan atau indra pendengaran saja. Para ahli
memiliki pandangan yang searah mengenai hal tersebut. Menurut Baugh
(1989 dalam Arsyad, 1997: 21) bahwa kurang lebih 90% hasil belajar
seseorang diperoleh melalui indra penglihatan, sekitar 5% dai indra
pendengaran dan 5% lagi dari indra lainnya. Sementara Dale (1969 dalam
Arsyad, 1997: 21) memperkirakan bahwa perolehan hasil belajar melalui
indra penglihatan berkisar 75%, melalui indra pendengaran sekitar 13%
dan melalui indra lainnya sekitar 12%. Oleh Darvin (1999: 22) media
audio-visual seperti video dapat menyajikan informasi, memaparkan
proses, menjelaskan konsep yang rumit. Lebih lanjut Sheal (1989 dalam
Anonim, 2003) melaporkan tentang modus pengalaman 10% apa yang kita
baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30 % dari apa yang kita lihat, 50%
dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakana dan
90% dari apa yang kita katakan dan lakukan.
Penelitain-penelitian yang berorientasi terhadap penggunaan komputer
dalam pembelajaran telah banyak dilakukan oleh para ahli. Studi analisis
yang dialkukan oeh Kulit dkk (1980 dalam Surjono, 1995) melaporkan
bahwa penggunaan komputer dalam pembelajaran menyebabkan siswa:
(1)
belajar lebih banyak materi,
(2) siswa mengingat lebih lama apa yang
telah dipelajari,
(3) siswa membutuhkan waktu lebih sedikit,
(4) siswa
lebih betah di kelas,
(5) siswa memiliki sikap lebih posistif terhadap
komputer.
Agafur (1984 dalam Kusumah, 2002) bahwa penggunaan computer
dalam pembelajaran menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari
suatu konsep lebih singkat dan hasil belajar yang lebih tinggi.
Menurut Alessei (1985) penggunaan komputer dalam pembelajaran yang baik
haruslah meliputi 4 (empat) aktivitas, yakni,
(1) Informasi materi
(materi pelajaran) dan keterampilan (Skill) diberikan model,
(2) siswa
harus diarahkan,
(3) siswa diberi latihan-latihan, dan
(4) pencapaian
belajar siswa harus dinilai.
Oleh Chanond (1988) melaporkan pentingnya
pemberian umpan balik segera pada penggunaan computer sebagai media
dalam pengajaran.
0 komentar:
Posting Komentar