Tiada keindahan yg paling indah selain bisa berbagi, walau hanya lewat sebait kata & pesan

Kamis, 08 November 2012

Contoh Makalah Permasalhan Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan tantangan-tantangan baru. Sebagai konsekuensi logis, pendidikan selalu dihadapkan pada masalah-masalah baru. Oleh karena itu, perlu ada rumusan sebagai masalah-masalah pokok yang dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam mengemban tugasnya.

Sistem pendidikan Indonesia dapat berjalan dengan lancar jika kerja sama antara unsur-unsur pendidikan berlangsung secara harmonis. Pengawasan yang dilakukan pemerintah dan pihak-pihak pendidikan terhadap masalah anggaran pendidikan akan dapat menekan jumlah korupsi dana di dalam dunia pendidikan.

Sistem pendidikan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial budaya dan masyarakat. Pembangunan sistem pendidikan tidak mempunyai arti apa-apa jika tidak sinkron dengan pembangunan nasional. Permasalahan intern sistem pendidikan itu sangat kompleks. Artinya, suatu permasalahan intern dalam sistem pendidikan selalu ada kaitan dengan masalah-masalah diluar sistem pendidikan itu sendiri. Misalnya masalah mutu hasil belajar suatu sekolah tidak dapat dilepaskan dari sosial budaya dan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Berdasarkan kenyataan tersebut maka penaggulangan masalah pendidikan juga sangat kompleks, menyangkut banyak komponen, dan melibatkan banyak pihak. Jadi permasalahan pokok dalam pendidikan yaitu mengenai masalah pemerataan, mutu, relevansi, efisiensi pendidikan.




B.     Batasan Masalah

1.      Permasalan Pokok Pendidikan
2.      Keterkaitan antara jenis masalah yang satu dengan yang lain
3.      Faktor yang mempengaruhi berkembang nya permasalahan pendidikan


C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Pendidikan, Menambah pengetahuan dan wawasan tentang Permasalahan Pendidikan, Keterkaitan antara jenis masalah yang satu dengan yang lain
2.      Faktor yang mempengaruhi berkembang nya permasalahan pendidikan
3.      Sebagai bentuk perhatian Mahasiswa terhadap masalah pendidikan yang dihadapi Indonesia.
4.      Suatu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.
5.      Membantu dalam membahas dan menanggulangi masalah yang dihadapi di dalam dunia pendidikan.















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Permasalahan Pokok Pendidikan
Masalah pokok pendidikan yang menjadi kesepakatan nasional yang perlu diprioritaskan
penanggulangannya ada empat macam yaitu: masalah pemerataan pendidikan, masalah mutu pendidikan,  masalah efisiensi pendidikan,  masalah relevansi pendidikan.
1.      Masalah Pemerataan Pendidikan
Masalah pemerataan pendidikan adalah persoalan bagaimana sistem pendidikan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warganegara untuk memperoleh pendidikan. Masalah ini dapat dipecahkan dengan dua cara yaitu dengan cara konvensional dan cara inovatif. Cara konvensional misalnya pembangunan gedung sekolah dan pergantian jam belajar.  Cara inovatif misalnya sistem guru kunjung dan Sekolah Terbuka.
2.       Masalah Mutu Pendidikan
Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Masalah mutu pendidikan juga mencakup masalah pemerataan mutu pendidikan. Pemecahan masalah mutu pendidikan dalam garis besarnya meliputi hal-hal yang bersifat fisik dan perangkat lunak, personalia, dan manajemen pendidikan.
3.      Masalah Efisiensi Pendidikan
Beberapa masalah dalam kaitannya dengan efisiensi pendidikan antara lain:
1.      Bagaimana memfungsikan tenaga pendidikan.
2.      Bagaimana sarana dan prasarana pendidikan digunakan
3.      Bagaimana pendidikan diselenggarakan
4.      Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga Pengajan
4.      Masalah Relevansi Pendidikan
Sebenarnya kriteria relevansi cukup ideal jika dikaitkan dengan kondisi sistem pendidikan pada umumnya dan  tentang pekerjaan yang ada antara lain sebagai berikut.
1.      Status lembaga pendidikan yang bermacam-macam
2.      Sistem pendidikan tidak pernah menghasilkan keluaran yang siap pakai. Yang ada ialah siap kembang.
3.      Tidak tersedianya kebutuhan tenaga kerja dengan persyaratannya yang digunakan sebagai pedoman oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk menyusun programnya.
Tujuan dari pelaksanaan pendidikan adalah untuk mengembangkan kualitas SDM sedini mungkin, terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya. Dari tujuan tersebut, pelaksanaan pendidikan Indonesia menuntut untuk menghasilkan peserta didik yang memeiliki kualitas SDM yang mantap. Ketidakefektifan pelaksanaan pendidikan tidak akan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Melainkan akan menghasilkan lulusan yang tidak diharapkan. Keadaan ini akan menghasilkan masalah lain seperti pengangguran.

B. Keterkaitan Antara Jenis Masalah Yang Satu Dengan Yang Lain
Ada 2 faktor penghambat perbaikan mutu pendidikan. Yaitu:
1.      Faktor pertama, gerakan perluasan pendidikan untuk melayani pemerataan kesempatan pendidikan bagi rakyat banyak memerlukan penghimpunan dan pengarahan dana.
2.       Faktor kedua, kondisi satuan-satuan pendidikan yang mempersulit upaya peningkatan mutu karena jumlah murid dalam kelas terlalu banyak, tenaga pendidik kurang kompeten, sarana yang tidak memadai,dan seterusnya.

Permasalahan aktual pendidikan di Indonesia sangat kompleks dan semakin berkembang sejalan dengan perkembangan zaman dan kemapanan sumber daya manusia. Masalah masalah tersebut antara lain :
1.      Masalah Keutuhan Pencapaian sasaran
2.      Masalah Kurikulum
3.      Masalah Peranan Guru
4.      Masalah Pendidikan Dasar 9 Tahun
Beberapa upaya dilakukan untuk menanggulangi masalah masalah aktual tersebut,diantaranya:
1.      Pendidikan efektif perlu ditingkatkan secara terprogram.
2.      Pelaksanaan kegaitan kurikuler dan ekstrakurikuler dilakukan dengan penuh kesungguhan dan diperhitungkan dalam penentuan nilai akhir ataupun kelulusan
3.      Melakukan penyusunan yang mantap terhadap potensi siswa melalui keragaman jenis program studi.
4.      Memberi perhatian terhadap tenaga kependidikan(prajabatan dan jabatan)


  C. Faktor yang Mempengaruhi Berkembang nya Permasalahan Pendidikan
Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya permasalah pendidikan antara lain
A.    Perkembangan IPTEK dan Seni                                           
Sejalan dengan berkembangnya arus globalisasi di negara kita, terutama dengan pesatnya peningkatan teknologi komunikasi, membuat segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Implikasinya di dalm masyarakat sangat terasa. Oleh karena itu pendidikan harus senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Seni merupakan kebutuhan hidup manusia. Pengembangan kualitas seni secara terprogram menuntut tersedianya sarana pendidikan tersendiri disamping program-program lain dalam sistem pendidikan
B.     Laju Pertumbuhan Penduduk
Masalah kependudukan dan pendidikan bersumber pada 2 hal yaitu: pertambahan penduduk dan penyebaran penduduk.
C.     Aspirasi Masyarakat
Belakangan ini aspirasi masyarakat semakin meningkat sejalan dengan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap ‘reformasi’. Aspirasi tersebut menyangkut kesempatan pendidikan, kelayakan pendidikan dan jaminan terhadap taraf hidup setelah mereka menjalani proses pendidikan.
D.    Keterbelakangn Budaya dan Sarana Kehidupan
Keterbelakangan budaya disebabkan beberapa hal misalnya letak geografis yang terpencil dan sulit dijangkau, penolakan masyarakat terhadap unsur budaya baru karena dikhawatirkan akan mengikis kebudayaan lama, dan ketidakmampuan ekonomis menyangkut unsur kebudayaan tersebut.













BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Masalah pokok pendidikan yang menjadi kesepakatan nasional yang perlu diprioritaskan penanggulangannya ada empat macam yaitu:
1.      Masalah pemerataan pendidikan
2.      Masalah mutu pendidikan
3.      Masalah efisiensi pendidikan
4.      Masalah relevansi pendidikan
Ada 2 faktor penghambat perbaikan mutu pendidikan. Yaitu:
1.      Gerakan perluasan pendidikan untuk melayani pemerataan kesempatan pendidikan
2.      Kondisi satuan-satuan pendidikan yang mempersulit upaya peningkatan mutu
Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya permasalahan pendidikan antara lain
1.      Perkembangan IPTEK dan Seni  
2.      Laju Pertumbuhan Penduduk
3.      Aspirasi Masyarakat
4.      Keterbelakangn Budaya dan Sarana Kehidupan
Dalam usaha pemerataan pendidikan, diperlukan pengawasan yang serius oleh pemerintah. Pengawasan tidak hanya dalam bidang anggaran pendidikan, tetapi juga dalam bidang mutu, sarana dan prasarana pendidikan. Selain itu, perluasan kesempatan belajar pada jenjang pendidikan tinggi merupakan kebijaksanaan yang penting dalam usaha pemerataan pendidikan.
Pendidikan dalam usaha pengendalian laju pertumbuhan penduduk sangat diperlukan. Pelaksaaan program ini dapat ditingkatkan dengan mengakampanyekan program KB dengan sebaik-baiknya hingga pelosok negeri ini.

REFERENSI

Pidarta, Prof. Dr. Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendekia.

sayapbarat.wordpress.com/2007/08/29/masalah-pendidikan-di-indonesia
.


















0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates