Tiada keindahan yg paling indah selain bisa berbagi, walau hanya lewat sebait kata & pesan

Minggu, 25 November 2012

Tips agar komputer lebih stabil, nyaman, dan aman.

Perkembangan komputer saat ini sangat begitu cepat, komputer tidak hanya dapat dinikmati oleh orang-orang tertentu, hampir semua pekerjaan atau aktifitas tidak lepas dari penggunaan komputer. Sekitar 5-10 tahun yang lalu mungkin komputer merupakan barang yang mewah, hanya orang-orang tertentu yang memiliki komputer, tapi sekarang kita tidak akan kaget lagi ketika anak SMP bahakan SD sudah memiliki Laptop pribadi. Dulu mungkin ketika kita ingin mengetik laporan, tugas, atau skripsi mau tidak mau kita mencari rental-rental komputer untuk menyelesaikannya, kalau sekarang cukup di rumah atau di kamar masing-masing sudah bisa dilakukan, internet juga semakin mudahnya didapatkan dan diakses baik menggunakan jalur telepon rumah atau menggunakan teknologi selular baik yang berbasis GSM maupun CDMA.

Sayangnya kadang-kadang atau bahkan sering kali komputer yang kita miliki terasa lambat atau sering terganggu, sering hang bahkan gak bisa dinyalakan. Pada tulisan kali ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan berguna bagi para netter atau pengguna komputer sehari-hari.
Tips agar komputer aman dari virus
  1. Install Antivirus dan selalu update antivirus tersebut secara berkala (minimal 2 minggu sekali) pada komputer Anda.
  2. Jika menggunakan windows xp, vista, atau 7 seharusnya selalu melakukan patch atau meng-update windowsnya secara online klik disini (disarankan untuk yang menggunakan windows original) atau manual update (digunakan untuk windows yang bukan original)
Tips agar komputer selalu prima
  1. Selalu periksa kapasitas hardisk yang kita miliki, sisa kapasitas hardisk sebaiknya tidak kurang dari sepersepuluh (10%) dari total kapasitas hardisk
  2. Lakukan Scandisk dan defrag hardisk secara berkala
  3. bersihkan file-file yang tidak berguna (temp/temporary file, file dump, recent, history) secara berkala
Tips agar komputer lebih awet
  1. Usahakan jaringan atau jalur listrik komputer Anda memiliki grounding/pentanahan/arde yang bagus
  2. Gunakan Stavolt (Stabilizer Voltage/penyetabil tegangan) untuk komputer Anda, minimal menggunakan stavolt motor.
  3. Jika memiliki dana atau budget lebih, lebih baik ditambahkan UPS (Uninterruptible Power Supply) agar komputer tidak mati (off) secara mendadak atau tiba-tiba
  4. Bersihkan semua perangkat komputer secara berkala (debu, kotoran, cairan, dll)
Jika ada salah satu atau beberapa tips. diatas yang masih membingungkan atau belum tahu caranya, Penulis akan menjelaskan secara detail pada tulisan-tulisan selanjutnya, mudah-mudahan bermanfaat, Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates